Bikin foto close up kayak di studio yuk …

Sebelumnya saya minta maaf kalau sajian kali ini berturut-turut cuma mengenai cara utak-atik photoshop terus. Maklum deh, lagi keranjingan utak-atik foto. Buat para master, mohon kalau ada salah agar bisa diluruskan.

Idenya saat saya lihat studio foto yang ada di mall pas tempo hari iseng mau melihat-lihat tripod. Memang sih, kalau saya perhatikan, mereka ( studio foto itu ) menggunakan sebuah software khusus, atau mungkin juga ( kalau saya tidak salah ) pakai plugins untuk photoshop. Sebab mereka bisa dengan mudahnya mengganti latar belakang dengan berbagai macam efek atau gambar lain.

Penasaran, sampai dirumah langsung googling, sampai lupa nengok blog dan blog walking. Dapat deh beberapa info yang saya perlukan. Yang pertama adalah keberadaan plugins yang memungkinkan mengganti latar belakang foto dengan efek lain. Tetapi saat di cek ke TKP, ternyata harganya lumayan jauh …..  hehehehe …. mahal ..

Yang kedua adalah ternyata dengan photoshop standar pun sudah bisa untuk melakukan editing seperti itu. Tetapi perlu proses dan tentunya ketelitian dan kesabaran. Tanpa menunggu lama, saya langsung cek ke photoshop nya, dan memang betul … bisa.

Caranya juga gampang, tidak susah kok, tidak perlu memikirkan kombinasi warna yang bagus atau komposisi warna yang sesuai. Cukup crop dan pakai filter. Cuma, itu tadi … butuh kesabaran … Sebab untuk meng-crop sebuah foto itu tidak mudah. Apalagi kalau ada rambut yang terurai …. nge-cuir … wah ribett…

Langsung praktek ya …..

Contohnya foto Ayu ini … latar belakangnya kan kacau balau, kita akan rombak jadi lebih maknyuss..

Terus buat sebuah layer copy dengan CTRL+J dan tampilkan hanya layer ini saja. Kemudian crop foto / gambar model yang kita inginkan. Saya menggunakan ” pen tool ” untuk proses ini. ( Jika ada yang senang dengan cara lain silahkan, intinya cropping .. 🙂 ). Biar lebih mudah, gambar diperbesar dulu agar detailnya tampak.

Setelah proses selesai ( ujungnya sudah nyambung ), pilih path ( ada di sebelah tab channel pada kotak kecil diatas ). Klik kanan pada work path yang ada dan pilih ” make selection “. Kemudian OK. Barulah setelah garis lurus yang menyelubungi croppingan kita berubah jadi titik-titik, kita copy gambar tersebut ( tab – Edit -> copy ). Sampai disini, kita beralih ke langkah berikutnya.

Buat sebuah file baru. Besarnya sesuaikan dengan gambar sebelumnya saja daripada nanti harus melakukan scaling gambar. Caranya lihat “image size” pada gambar sebelumnya, adanya di tab Image -> Image size . Catat dan samakan dengan file yang baru.

Jika file baru sudah dibuat langsung saja tekan ” paste ” maka secara ajaib gambar yang kita sudah pilih tadi langsung ada di file yang baru. Lakukan edit brightness dan contrast secukupnya.

Langkah selanjutnya adalah membuat efek. Pastikan kita pilih background pada bagian layer. Kemudian gunakan warna yang berbeda antara foreground dan background ( ada di kotak warna sebelah kiri ). Selanjutnya pilih tab FILTER -> Render -> Clouds. Lihat bagaimana hasilnya.

Pada filter Render, juga ada pilihan Diferent clouds, lens flare dan lighting effects. Coba beberapa variasinya, dan lihat hasilnya.

Setelah beberapa variasi, inilah hasil terbaik yang saya dapatkan dan yang penting … Ayu senang …. ( malah minta dibuatkan satu lagi yang warna pink … 😀 ) ..

Iklan

17 responses to “Bikin foto close up kayak di studio yuk …

  1. Wuih manteb gan ditunggu edisi berikutnya…

  2. Mas Nug, saya kalo selection suka pake masking, hehehehehe…sama saja sih hasilnya… mas, cuma nambahin, layer wajah di duplicate, ubah blending >screen, atur opacity-nya biar berkesan smooth… 🙂 Nice info

  3. sori ketinggalan, habis blending scren, pake filter gaussian blur, atur deh rangenya. Good luck!

  4. Makin sip saja bapak satu ini.

  5. Ping-balik: ternyata « komuter jakarta raya

  6. fotonya jadi keren…
    langsung mencoba ah…
    thanks atas infonya… salam sukses..

    sedj

  7. ayo kita cari tahu masking itu apaaaa? hehehe *bagus sekali infonya, makasih ya… 🙂

  8. biar backgound asli acak-acakan, hasil akhirnya keren mas… jadi pingin nyoba

  9. Ehm, ribet banget ya, kakak…
    Denuzz termasuk orang yang malas ngutak-ngatik foto sih. Tapi, kalo difoto OK!
    😀

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit…

  10. om blue mau dong diphoto……..heheh
    salam hangat dari blue

  11. happy newyear.. smoga semakin oke trus fotografinya.. 🙂

  12. met tahun baru bang
    bikinkan photo blue dong bang..hehehe
    salam hnagat dari blue

  13. Ping-balik: Iluminati, Apa itu??? « CITRO MADURA

  14. pengen bisa photoshop. belajar ah.

  15. Ngeliat output nya kok kaya yg sederhana ya.. tp ternyata butuh bbrp tahap juga… huhuhu… 😐

    Salam kenal belor…. ^^

  16. assalamu’alaykum..afwan..mampir nh di blog antum…http://tentarakecilku.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s