Membuat langit lebih berwarna

Fresh dari oven … 🙂

Kalau kemarin cuma hasilnya, berikut ini adalah langkah simple-nya untuk merubah langit jadi lebih berwarna. Yang perlu disiapkan cuma gambar yang ada langitnya, usahakan ada variasi awan. Kalau flat tidak ada awan ya … tidak bisa dibuat berwarna, kecuali cuma warna biru …. Dan satu lagi, ada photoshop-nya ..

1. Buka file yang mau diwarnai dengan potosop. Misalnya gambar ini ( cuma sayangnya image ini aslinya udah low rest, jadi agak kasar finishingnya …. belum tahu caranya supaya lebih halus .. 😀 ):

2. Pastikan Color Mode di RGB dan 8 bit/channel

3. Buat Copy/Duplicated layer, caranya tekan CTRL+J.

4. Rubah Blending jadi Multiply

5. Pindah ke tab Channel , pilih BLUE lebih dulu. Terus buka/setting CURVES, naikan grafiknya sesuai selera. Sebagai patokan perhatikan kotak Navigator untuk setiap perubahan.

6. Setelah di OK , terus pilih “Load Selection” ( masih di tab Channel ). Baru setelah itu pindah ke tab Layer kembali dan klik ” Add Layer Mask ”

7. Erase ( hapus ) bagian diluar langit. Perlu ketelitian untuk mendapatkan hasil yang halus. Kalau bagian tersebut cuma 1 warna, bisa gunakan Magic Wand supaya lebih mudah. ( Langkah ini tidak harus dilakukan, tergantung situasi dan selera ).

8. Lakukan hal yang sama ( langkah 3 – 7 ) untuk channel RED dan GREEN sesuai selera untuk mendapatkan efek yang manis … Yang perlu diingat adalah saat membuat copy layer adalah dari layer background ( layer asli ). Setelah dirasa pas, buat satu buah layer copy baru untuk setting CONTRAST/BRIGHTNESS.

9. Untuk variasi bisa ditambah dengan memberi sentuhan warna dengan brush yang opacity-nya dibuat kecil ( tipis ) pada bagian awan yang berwarna putih/terang.

10. Setelah pas semua, satukan ( merge ) semua layer dengan Shift+CTRL+E . Selesai …  Hasilnya bisa seperti ini :

Selesai deh, dari langit yang cuma biasa saja jadi lebih berwarna. Cara ini cuma salah satu dari sekian banyak cara. Karena saya tahu nya cuma baru satu ini, ya … seperti itulah, panjang banget ya langkah-langkahnya ….. 🙂

Akan lebih baguslagi efeknya kalau fotonya saat sunrise atau sunset dimana ada banyak variasi warna di langit, seperti post sebelumnya. Saat itu pas lagi sunset, cuma sayang banyak awan mendung.

Jika ada yang kurang mohon dimaafkan, soalnya saya juga baru dalam soal yang beginian … Kalau ada yang mau menambahkan cara lain dipersilahkan …

Iklan

14 responses to “Membuat langit lebih berwarna

  1. wiiih keren langitnya jadi berwarnaaa.. 🙂 saya ikutan belajar y makasih dan salam kenal

  2. hooo….
    boleh tuh kreasinya
    sayang saya ndak terlalu suka dunia fotografi. Hehehe

  3. Hm, hm, hm…. saya jarang pake channel mas, biasanya langsung utak atik layer aja, terus hapus, opocity dikurangin… tapi lumayan nambah ilmu, Thanks mas

    • saya udah coba utak-atik tapi masih kurang sreg, terus pake sistem ini, lumayan ada perubahan, memang di potosop banyak banget alternatif cara yang lain yang belum ter explore …. mungkin mas Prima bisa share … 🙂

  4. Cakep nih postingannya, layak dicoba tuh. Thanks, salam kenal Yah

  5. ini PS berapa mas? CS3 apa CS5?
    saya ijin belajar jg.. baru suka edit2 soalnya 😀

  6. mantabbb mas.. photo langit yg agak butek jadi berwarna dan cerahhh

    • hehehehe … itu masih belum seberapa mas, kalau yg udah mahir bisa lebih ngejreng lagi tuh …
      cuma sampai sekarang saya tahunya cuma begitu aja …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s